1. Menyiapkan Aging dan mapping sebagai dasar penugasan kepada eksekutor untuk menentukan titik berat penanganan kasus. |
2. Melakukan analisa awal terhadap data pelimpahan kasus dari A/R dan analisa dari hasil kunjungan eksekutor. ( Problem intern & Kasus dalam proses klaim asuransi) |
3. Mengeluarkan memo pemberitahuan ke A/R jika ditemukan kasus OD >60 dengan problem intern (angsuran loncat, kurang bayar, dll.) |
4. Melakukan tindakan-tindakan atas nama perusahaan yang bersifat legal practice |
5. Merencanakan dan melaksanakan strategi kerja Remedial secara keseluruhan, serta memonitor seluruh rangkaian dan keberhasilan kerja Remedial di Cabang |
6. Membina hubungan ekternal relationship dengan aparat militer, sipil, Hunter dan pihak lain dalam kaitan dengan tugas Remedial |
7. Menghadapi complain customer dan membantu menyelesaikan problem customer yang hadir di kantor maupun diluar kantor dalam kaitan dengan tugas Remedial |
8. Mendistribusikan kasus/penugasan kepada Hunter, dan melakukan kontrol secara periodik terhadap hasil kunjungan Hunter. |
9. Melakukan analisa dan mengusulkan target pencapaian yang wajar bagi tenaga lapangan |
10. Melakukan analisa kekurangan atau kelebihan man power. |
11. Melakukan kontrol, review dan coaching kepada Team Leader/Admin di bawahnya. |
12. Melakukan stock opname barang tarikan (AYD/Non AYD) dan melaporkan hasilnya kepada Kaops. |
13. Membuat dan melakukan review PICA kasus, proses-sisdur bersama-sama dengan Team Leader/Remedial admin dan melaporkannya kepada Kacab/Karep/Kaops. |
14. Menandatangani memo AYD, memo pemberitahuan intern, dan usulan Back to A/R |
15. Membuat laporan hasil penanganan Remedial untuk Cabang/Rep |
16. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian eksekutor |
17. Melaksanakan pembagian wilayah kerja |
|
Friday, September 24, 2010
JOB DESCRIPTION REMEDIAL OFFICER JUNIOR
JOB DESCRIPTION A/R OPERATION
1. Melakukan kontrol kebenaran hasil tagihan kolektor |
2. Mempersiapkan, mendistribusikan , memeriksa dan filing Daftar Kunjungan Harian Collector (termasuk fungsi Penginputan, Proses dan Cetak DKH). |
3. Mencetak, filing dan mendistribusikan kuitansi kepada kolektor dan kontrol atas penyimpanan & penggunaan kuitansi. |
4. Membuat dan mencetak Daftar Tagihan sebagai alat bantu kolektor dalam pelaksanaan penagihan. |
5. Memberikan informasi hasil pencapaian kolektor (minimal mingguan) sebagai feedback kepada kolektor |
6. Menghitung pencapaian dan insentif kolektor dan melaporkannya ke A/R Controller. |
7. Melakukan Received RV Collector (mengupdate database A/R atas penerimaan melalui kolektor) |
8. Mempersiapkan , mendistribusikan dan filing Surat Somasi kepada Customer. |
9. Membuat perhitungan pelunasan di muka untuk customer yang akan melunasi angsuran |
10. Membuat dan filing memo pemindahbukuan. |
11. Melakukan administrasi pelimpahan kasus ke Remedial Dept (termasuk kasus first payment default) |
12. Melakukan administrasi penerimaan PDC (Post Dated Cheque) |
13. Menangani administrasi penyelesaian klaim asuransi terhadap outstanding A/R |
14. Menangani administrasi penyelesaian AYD terhadap outstanding A/R |
15. Validasi Pembayaran Angsuran yang melalui Bank In FIF. |
16. Validasi Titipan dan Eks. Titipan Angsuran dan Pelunasan |
17. Pelayanan pembayaran customer di kasir FIF. |
18. Melakukan administrasi atas perubahan-perubahan data/informasi customer |
19. Melakukan fungsi desk-collector dengan menghubungi customer bermasalah via telpon |
20. Menjalankan fungsi kontrol terhadap Angsuran Bolong dan follow-up nya ke customer |