Friday, September 24, 2010

JOB DESCRIPTION REMEDIAL OFFICER JUNIOR

1. Menyiapkan Aging dan mapping sebagai dasar penugasan kepada eksekutor untuk menentukan titik berat penanganan kasus.

2. Melakukan analisa awal terhadap data pelimpahan kasus dari A/R dan analisa dari hasil kunjungan eksekutor. ( Problem intern & Kasus dalam proses klaim asuransi)

3. Mengeluarkan memo pemberitahuan ke A/R jika ditemukan kasus OD >60 dengan problem intern (angsuran loncat, kurang bayar, dll.)

4. Melakukan tindakan-tindakan atas nama perusahaan yang bersifat legal practice

5. Merencanakan dan melaksanakan strategi kerja Remedial secara keseluruhan, serta memonitor seluruh rangkaian dan keberhasilan kerja Remedial di Cabang

6. Membina hubungan ekternal relationship dengan aparat militer, sipil, Hunter dan pihak lain dalam kaitan dengan tugas Remedial

7. Menghadapi complain customer dan membantu menyelesaikan problem customer yang hadir di kantor maupun diluar kantor dalam kaitan dengan tugas Remedial

8. Mendistribusikan kasus/penugasan kepada Hunter, dan melakukan kontrol secara periodik terhadap hasil kunjungan Hunter.

9. Melakukan analisa dan mengusulkan target pencapaian yang wajar bagi tenaga lapangan

10. Melakukan analisa kekurangan atau kelebihan man power.

11. Melakukan kontrol, review dan coaching kepada Team Leader/Admin di bawahnya.

12. Melakukan stock opname barang tarikan (AYD/Non AYD) dan melaporkan hasilnya kepada Kaops.

13. Membuat dan melakukan review PICA kasus, proses-sisdur bersama-sama dengan Team Leader/Remedial admin dan melaporkannya kepada Kacab/Karep/Kaops.

14. Menandatangani memo AYD, memo pemberitahuan intern, dan usulan Back to A/R

15. Membuat laporan hasil penanganan Remedial untuk Cabang/Rep

16. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian eksekutor

17. Melaksanakan pembagian wilayah kerja

JOB DESCRIPTION A/R OPERATION

1. Melakukan kontrol kebenaran hasil tagihan kolektor

2. Mempersiapkan, mendistribusikan , memeriksa dan filing Daftar Kunjungan Harian Collector (termasuk fungsi Penginputan, Proses dan Cetak DKH).

3. Mencetak, filing dan mendistribusikan kuitansi kepada kolektor dan kontrol atas penyimpanan & penggunaan kuitansi.

4. Membuat dan mencetak Daftar Tagihan sebagai alat bantu kolektor dalam pelaksanaan penagihan.

5. Memberikan informasi hasil pencapaian kolektor (minimal mingguan) sebagai feedback kepada kolektor

6. Menghitung pencapaian dan insentif kolektor dan melaporkannya ke A/R Controller.

7. Melakukan Received RV Collector (mengupdate database A/R atas penerimaan melalui kolektor)

8. Mempersiapkan , mendistribusikan dan filing Surat Somasi kepada Customer.

9. Membuat perhitungan pelunasan di muka untuk customer yang akan melunasi angsuran

10. Membuat dan filing memo pemindahbukuan.

11. Melakukan administrasi pelimpahan kasus ke Remedial Dept (termasuk kasus first payment default)

12. Melakukan administrasi penerimaan PDC (Post Dated Cheque)

13. Menangani administrasi penyelesaian klaim asuransi terhadap outstanding A/R

14. Menangani administrasi penyelesaian AYD terhadap outstanding A/R

15. Validasi Pembayaran Angsuran yang melalui Bank In FIF.

16. Validasi Titipan dan Eks. Titipan Angsuran dan Pelunasan

17. Pelayanan pembayaran customer di kasir FIF.

18. Melakukan administrasi atas perubahan-perubahan data/informasi customer

19. Melakukan fungsi desk-collector dengan menghubungi customer bermasalah via telpon

20. Menjalankan fungsi kontrol terhadap Angsuran Bolong dan follow-up nya ke customer